Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lonjakan Positif dan Potensi Harga AVAX ke Depan


AVAX, Pada awal pekan yang baru saja berlalu, Avalanche, salah satu mata uang kripto yang menarik perhatian, telah mengalami lonjakan yang menggembirakan. Harganya melambung sebanyak 6.25%, mencapai puncak tertinggi di angka $10.61 pada jam perdagangan awal Asia pada hari Selasa yang lalu. Bahkan, hingga saat ini, harga AVAX terus bertahan pada angka $10.44, menunjukkan kenaikan sebesar 4.5% dalam rentang waktu 24 jam terakhir. Sepertinya minat para investor semakin meningkat terhadap token Layer 1 ini dalam periode waktu yang singkat ini, dengan volume perdagangan harian yang juga mengalami peningkatan sebanyak 20%, mencapai angka yang signifikan yaitu $126,891,065.

Menilik pada kapitalisasi pasar yang mencapai $3.6 miliar, Avalanche berada pada peringkat 18 dalam daftar peringkat yang disusun oleh CoinMarketCap. Namun, jika kita merenung ke dalam jangka waktu yang lebih panjang, Avalanche tampaknya sedang menghadapi berbagai tantangan. Dalam 30 hari terakhir, mata uang ini harus menghadapi penurunan sebanyak 20%. Tidak hanya itu, dalam tiga bulan terakhir, penurunan mencapai 27%, dan yang paling mencolok adalah penurunan tahunan sebanyak 43% lebih rendah dibandingkan dengan 12 bulan sebelumnya.

Namun, di tengah optimisme jangka pendek ini dan sentimen bearish dalam jangka panjang, pertanyaan besar yang muncul adalah mengenai langkah selanjutnya yang kemungkinan akan diambil oleh harga AVAX.

Peluang Kenaikan Harga AVAX Melalui Pola Puncak Berbentuk Bulat ke $10.9

Dalam mencari jawaban atas pertanyaan tersebut, perhatian kita tertuju pada peluang kenaikan harga yang lebih lanjut. Pada tanggal 21 Agustus yang lalu, Avalanche mengalami tren penurunan yang cukup stabil, menyebabkan harga token ini mengalami penurunan sebanyak 9% dari nilai awalnya. Namun, tren penurunan ini akhirnya terhenti saat mencapai level dukungan yang kuat, yaitu pada angka $9.90. Situasi ini memberikan peluang bagi para "bulls" untuk mengumpulkan kembali kekuatan dan melakukan pembelian lebih lanjut sebelum akhirnya memulai proses pemulihan. Sejak saat itu, harga AVAX terus mengalami kenaikan dengan cukup stabil, mencapai angka yang lebih tinggi sebesar 5.5% dari harga awalnya.

Pergerakan harga yang terjadi ini ternyata membentuk pola grafik yang menarik, yaitu pola puncak yang berbentuk bulat pada chart dengan skala waktu empat jam. Pola teknikal ini sebenarnya dianggap sebagai sinyal yang positif dalam analisis harga teknikal, karena memberikan petunjuk potensial mengenai pembalikan tren dari penurunan menjadi kenaikan. Pola ini dapat diidentifikasi melalui kelengkungan yang terjadi pada bagian bawah grafik harga, menyerupai bentuk cangkir atau bisa juga diibaratkan sebagai huruf "U".

Namun, untuk mengonfirmasi pola grafik ini, Avalanche perlu bergerak dari level harga saat ini menuju level yang lebih tinggi, yaitu di atas level resistensi yang cukup ketat yaitu $10.6. Jika langkah ini berhasil dilakukan, maka kemungkinan besar harga altcoin ini akan terus naik, bahkan akan menghadapi resistensi dari 200 Simple Moving Average (SMA) pada level $10.84 sebelum akhirnya mencapai neckline dari pola puncak yang berbentuk bulat pada angka $10.91.

Jika semua langkah ini berhasil, maka pergerakan harga yang terjadi sebenarnya akan mewakili kenaikan sebesar 4.43% dari harga saat ini. Meski demikian, ada catatan penting yang harus diperhatikan, yaitu bahwa kemungkinan kenaikan harga Avalanche dalam jangka waktu yang lebih pendek ini mungkin akan terbatas.

Potensi Kenaikan dalam Jangka Panjang

Namun, mari kita perluas pandangan kita ke dalam jangka waktu yang lebih panjang. Pada tahap ini, fokus kita tertuju pada potensi kenaikan yang mungkin terjadi dalam jangka waktu yang lebih luas. Bagaimana caranya? Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengamati pola teknikal secara cermat.

Jika kita melihat pada pola grafik yang ada, kita dapat melihat bahwa potensi kenaikan yang lebih signifikan sebenarnya dapat terkonfirmasi ketika AVAX berhasil melewati level resistensi yang telah terbentuk, yaitu pada puncak dari pola puncak yang berbentuk bulat pada level $10.91. Breakout pada level ini sebenarnya adalah sinyal yang menunjukkan bahwa para pembeli telah berhasil mendominasi, dan tren kenaikan kemungkinan besar akan segera terjadi.

Jika hal ini terjadi, maka Avalanche akan berada dalam posisi yang sangat baik untuk mencapai target teknikal yang telah ditetapkan. Cara menghitung target ini sebenarnya cukup sederhana, yaitu dengan mengukur ketinggian pola grafik dari titik terendah pola puncak yang berbentuk bulat hingga titik tertingginya, lalu proyeksikan jarak tersebut ke atas dari titik breakout. Proyeksi ini akan memberikan gambaran mengenai harga target yang mungkin dapat dicapai oleh Avalanche dalam potensi kenaikan ini.

Dalam kasus ini, target teknikalnya sebenarnya ditetapkan sekitar 9% di atas neckline, atau dengan angka yang lebih konkret, mencapai $11.90. Artinya, jika semua potensi kenaikan ini dapat tercapai, maka Avalanche sebenarnya memiliki peluang untuk mengalami kenaikan sebesar 13.86% dari harga saat ini.

Post a Comment for " Lonjakan Positif dan Potensi Harga AVAX ke Depan"